Berita Utama

Tempat Pencarian

Browse this website in:

PENGUMUMAN

Login Form



Kemen PUPR - TNI AD MoU Bangun Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan PDF Print E-mail
Written by HumasProv   
Rabu, 06 Mei 2015 17:12 WIB
Klik untuk ukuran asli

JAKARTA – Jalan Paralel Kawasan Perbatasan Kalimantan dengan Serawak Malaysia pada tahun 2015 ini akan segera dibangun, hal itu dikemukakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dalam kesempatan penendatanganan Kerja Sama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dengan dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat tentang Pembangunan Infrastruktur yang bernilai strategis bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berlangsung diruang Bina Yudha II Mabes TNI Angkatan Darat, Jakartaenin (27/4)
Lebih lanjut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa desa-desa di kawasan perbatasan memerlukan jaringan jalan yang terhubung dengan jalan yang sudah ada. Jaringan jalan perbatasan ini merupakan infrastruktur yang bernilai strategis bagi NKRI dengan fungsi sebagai pertahanan dan keamanan negara dan sebagai pintu gerbang aktifitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga, dikatakannya pula,Panjang Jalan Paralel Perbatasan di Pulau Kalimantan yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara seluruhnya adalah sepanjang 1.583 Km, dengan rincian, Kalimantan Barat 771 Km, Kalimantan Timur 147 Km, dan Kalimantan Utara 665 Km
Panjang Jalan yang ditangani pada Tahun 2015 bekerjasama dengan TNI AD sepanjang 249 Km dengan nilai anggaran sebesar Rp 499,78 Miliar, dengan rincian Kalimantan Barat sepanjang 171 Km, dengan nilai anggaran Rp. 342,68 Miliar; dan Kalimantan Utara sepanjang 78 Km dengan nilai anggaran Rp 157,10 Miliar, Secara keseluruhan ini akan kita selesaikan dalam kabinet ini mudah-mudahan 3 tahun dapat tembus, terhubung semua, jadi ini yg tahun 2015 untuk 249 km dibuka sampai ke perkerasan," tutur Basuki.
Selanjutnya tindak lanjut Kesepakatan bersama (MoU) tersebut juga dilaksanakan perjanjian kerjasama antara Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yang dilakukan oleh Kepala BBPJN VII Bastian Sihombing dengan Direktorat Zeni TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Irwan, karena menurut Basuki Direktorat Zeni Tempur TNI AD akan membantu membuka lahannya, setelah terbuka, selanjutnya kontraktor PUPR akan langsung mengerjakan sampai perkerasan jalan.
Basuki juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Pembukaan Badan Jalan Paralel Perbatasan TA. 2015 berada pada lokasi yang tidak mempunyai masalah dengan perizinan Kawasan Hutan, sedangkan lokasi pembangunan jalan parallel perbatasan yang masih memerlukan proses perizinan pinjam pakai, saat ini sedang diproses dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk dapat dilaksanakan pembangunannya pada tahun berikutnya.
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa,sepanjang perbatasan dijaga oleh TNI, namun kalau jalan paralel kawasan perbatasan telah terbangun tentunya rakyat sendiri yang akan menjaganya sehingga kawasan perbatasan sebagai beranda depan benar-benar terwujud, dan diharapkan agar pembangunan tersebut dapat segera dilaksanakan, dan pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR, karena telah memberikan kepercayaan terhadap TNI untuk bersama – sama membangun wilayah perbatasan, dan dia juga mengatakan bahwa TNI siap membantu semaksimal mungkin.
Wakil Gubernur Kalimantan Drs Christiandy Sanjaya, SE, MM yang hadir dalam kesempatan Penandatanganan MoU di Mabes TNI AD tersebut menyampaikan kegembiraannya, “kita patut bersyukur, karena keinginan masyarakat Kalbar yang selama sekian tahun mengharapkan adanya jalan paralel dikawasan perbatasan Kalimantan Barat dengan negara tetangga, khususnya Serawak Malaysia akan segera terwujud, tentunya ini sangat menguntungkan khususnya bagi masyarakat yang tinggal diwilayah perbatasan, dan Pemerintah Kalimantan Barat mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini” dia juga berharap agar Kabupaten, terutama Kabupaten wilayah perbatasan dapat mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan, sebab pembangunan jalan paralel yang akan dibangun pada tahun 2015 ini yang mayoritas panjangnya terletak diwilayah Kalimantan Barat merupakan program percepatan pembangunan infrastruktur kawasan perbatasan Kalbar, imbuhnya (ruslanhumasprov)
Keterangan Foto :
Wagub Kalbar Drs. Christiandy Sanjaya, SE. MM berfoto bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Kasad TNI AD, Gatot Nurmantyo, Panglima Kodam II Tanjungpura, Toto Rinanto, Kadis PU Prov , direktur zeni TNI, Kasdam Mulawarman serta Sekretaris Daerah Kalimantan Utara, Drs. H. Badrun, M.Si usai Penandatangan MoU antara Kementerian PUPR dan TNI AD yang berlangsung di ruang Bina Yudha II Mabes TNI Angkatan Darat Jakarta, Senin (27/4). Foto : Ruslan Humas Prov.



 
Random Content




Tempat Pencarian Cepat